Oktober 12, 2010

RPP Biologi X

BAB IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 1
Alokasi Waktu            : 1 jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar      :  1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan                         : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·         Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II.    Materi Ajar
·         Pengertian Biologi sebagai ilmu
·         Ciri-ciri makhluk hidup

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan-diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·         Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.     Kegiatan inti (30 menit)
·         Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
·         Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
·         Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

V.     Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 2 - 3
Alokasi Waktu            : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     :  1.2 Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan                         :  Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi  ilmu biologi



I.       Indikator
·         Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·         Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·         Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·         Membuat makalah  tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

II.    Materi Ajar
·         Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.       Objek
2.       Permasalahan
3.       Tingkat organisasi
·         Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi–Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
·         Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
·         Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
·         Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.


C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
·         Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B.     Kegiatan inti (25 menit)
·         Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
·         Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 4
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         :  2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan                         :  Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia



I.       Indikator
·         Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
·         Mendeskripsikan ciri-ciri virus
·         Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan  
·         Menggambar skema reproduksi virus
·         Mengidentifikasi peran virus bagi manusia  
·         Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

II.    Materi Ajar
·         Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·         Ciri-ciri  virus meliputi:
1.       Ciri benda mati virus
2.       Ciri hidup virus
·         Struktur tubuh virus
·         Cara reproduksi virus
·         Peran virus bagi manusia meliputi:
1.       Peran yang menguntungkan
2.       Peran yang merugikan

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B.     Kegiatan inti (65 menit)
·         Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
·         Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
·         Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
·         Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

V.     Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
·         Foto ultramikroskopis virus
·         Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis
·         Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 5 dan 6
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         :     2.2          Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan                            :  Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria



I.       Indikator
·         Menjelaskan pengertian prokariotik
·         Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
·         Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·         Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
·         Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

II.    Materi Ajar
·         Pengertian prokariot
·         Ciri-ciri Eubacteria
1.       Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2.       Sturktur sel Eubacteria
3.       Cara hidup Eubacteria
4.       reproduksi bakteri
·         Klasifikasi Eubacteria
·         Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
·         Contoh-corntoh Archaeobacteria
·         Peranan bakteri bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan-Pengamatan

IV.  Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan.

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
·         Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
·         Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B.     Kegiatan inti (65 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.

VI. Alat/Bahan/Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
·         Biakan bakteri
·         Air kolam
·         Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup

VII. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan bakteri
·         Uji kompetensi tertulis























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 7 dan 8
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.      Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         : 2.3  Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan                         : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
·         Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·         Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.

II.    Materi Ajar
·         Ciri-ciri Protista meliputi:
1.       Protista yang meyerupai tumbuhan
2.       Protista yang menyerupai hewan
3.       Protista yang menyerupai jamur
·         Peranan protista bagi manusia meliputi:
1.       Peranan yang menguntungkan
2.       Peranan yang merugikan

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi - Penugasan - Pengamatan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
·         Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.


Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·         Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
·         Air kolam
·         Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
·         Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)

VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan Protista
·         Makalah kajian Protista
·         Uji kompetensi tertulis


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 9 dan 10
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi    :             2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         :     2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan                           :         Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·         Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·         Membedakan spora aseksual dan seksual
·         Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·         Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

II.    Materi Ajar
·         Ciri-ciri jamur meliputi:
1.       Ciri struktur
2.       Cara hidup
·         Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.       Spora aseksual
2.       Spora seksual
·         Klasifikasi jamur
·         Peranan jamur bagi manusia  
·         Proses produksi yang memanfaatkan jamur

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi – Pengamatan – Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
·         Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan.


C.    Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
    Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
·         Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
·         Bahan-bahan pembuat tempe atau tape

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan jamur
·         Uji kompetensi tertulis
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 1
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
  Kompetensi Dasar       :     3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan



I.       Indikator
·         Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·         Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·         Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II.    Materi Ajar
·         Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
·         Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
·         Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
·         Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
·         Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 2
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar     : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan                         : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya


I.    Indikator
·         Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·         Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·         Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
·         Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II.  Materi Ajar
·         Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
·         Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·         Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·         Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·         Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi – Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
·         Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
a.       Buku kerja Biologi 1A, Esis
b.       Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c.       Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

VI.  Penilaian
·         Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
·         Uji kompetensi tertulis






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 3 dan 4
Alokasi Waktu            : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                            Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
·         Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
·         Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·         Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia tumbuhan
·         Klasifikasi tumbuhan
·         Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Peranan Bryophyta bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru bersama  siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
·         Spesimen tumbuhan lumut
·         Loupe

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 5 dan 6
Alokasi Waktu            :  3 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia     
                                                Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
·         Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia

II.    Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Struktur tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.   
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.


Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B.   Kegiatan Inti
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C.   Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·         Spesimen tumbuhan paku  
·         Loupe

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 7
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·         Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·         Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
·         Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II.    Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·         Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·         Peranan tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
·         Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
·         Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.


V.     Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·         Spesimen tumbuhan berbiji  
·         Loupe

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 9 dan 10
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.4    Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
·         Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·         Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·         Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia hewan
·         Dasar klasifikasi dunia hewan
·         Klasifikasi dunia hewan

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.              Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
·         Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

A.     Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B.     Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
·         Siswa mencatat hasil pengamatan
·         Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
·         Siswa menyusun laporan.
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

V.     Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
·         Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·         Loupe

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 11 dan 12
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar      : 4.1    Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem



I.       Indikator
·         Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·         Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·         Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
·         Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II.    Materi Ajar
·         Pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Ekosistem dan komponen penyusunnya
·         Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
·         Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·         Berbagai interaksi dalam ekosistem
·         Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·         Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
·         Daur biogeokimia

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
·         Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.


B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
·         Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
·         Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
·         Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
·         Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
·         Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
·         Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 13 dan 14
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar    : 4.2    Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3  Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4  Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan



I.       Indikator
·         Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·         Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·         Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·         Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·         Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·         Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II.    Materi Ajar
·         Keseimbangan lingkungan
·         Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·         Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·         Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Penanganan limbah dengan cara daur ulang

III. Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV.  Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B    Kegiatan inti (65 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
·         Siswa membuat perlakuan eksperimen.
·         Siswa melakukan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C.   Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
·         Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
·         Beberapa aktivitas manusia
·         Bahan untuk daur ulang kertas

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar