Oktober 12, 2010

SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

BAB III SILABUS
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                                              :  SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                                              :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER                                                :  X (SEPULUH)/I

STANDAR KOMPETENSI                                     :  1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu

ALOKASI WAKTU                                                                :  4 x 45  menit

 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber  
Belajar

1.1     Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi









 


1.2     Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma










·    Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi
·    Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·    Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
·    Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup




·    Menyebutkan objek biologi
·    Menyebutkan permasalahan biologi
·    Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi
·    Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya.
·    Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
·    Membuat makalah

·    Pengertian Biologi sebagai ilmu
·    Ciri-ciri makhluk hidup









·    Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.  Objek
    2.   Permasalahan
    3.   Tingkat organisasi

·    Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”



·    Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup










·    Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan
·    Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi
·    Tugas mengumpulkan  informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya

·    Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·    Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup







·    Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·    Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·    Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·    Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

·    Jenis tagihan:
Uji kompetensi  tertulis

·    Instrumen peninalian:
    Soal uji kompetensi tertulis



·    Jenis tagihan:
1.    Uji kompetensi  tertulis
2.     Makalah

·    Instrumen penilaian:
1.     Soal uji kompetensi tertulis
2.     Lembar penilaian makalah






1  45 Menit











3  45 menit

·    Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis,
·    Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab I
·    Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

·    Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I
·    Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                                              :  SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                                              :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER                                                :  X (SEPULUH)/I

STANDAR KOMPETENSI                                     :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

ALOKASI WAKTU                                                                :  14  45 menit

 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

2.1  Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan













 



2.2      Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan












2.3      Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan




















 



2.4      Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

·    Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
·    Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis
·    Memberi nama bagian-bagian tubuh virus
·    Mengurutkan proses-proses reproduksi virus
·    Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia
·    Membuat kegiatan tentang virus




·    Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis
·    Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri
·    Mengelompokkan Eubacteria
·    Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria
·    Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan bakteri






·    Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop
·    Menggunakan mikroskop
·    Membuat preparat
·    Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista
·    Mendeskripsikan ciri-ciri Protista
·    Megenlompokkan  Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati
·    Mengumpulkan informasi tentang Protista  











·    Mengamati struktur jamur
·    Menggambar struktur tubuh jamur
·    Mengelompokkan jamur
·    Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·    Membuat produk makanan menggunakan jamur










·    Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·    Ciri-ciri  virus meliputi :
1.    Ciri benda mati virus
2.    Ciri hidup virus
·    Struktur tubuh virus
·    Cara reproduksi virus
·    Peran virus bagi manusia meliputi :
1.    Peran yang    menguntungkan
    2.    Peran yang merugikan






·     Pengertian prokari E
·     Ciri-ciri Eubacteria
1.    Bentuk sel dan koloni Eubacteria
2.    Struktur sel Eubacteria
3.    Cara hidup Eubacteria
4.    Reproduksi bakteri
·     Klasifikasi Eubacteria
·     Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria
·     Contoh-corntoh archaebacteria
·     Peranan bakteri bagi manusia



  Ciri-ciri Protista meliputi:
1.    Protista yang  menyerupai tumbuhan.
2.    Protista yang menyerupai hewan
3.    Protista yang menyerupai jamur
·       Peranan Protista bagi manusia meliputi:
1.    Peranan yang mengutungkan
2.    Peranan yang merugikan













 Ciri-ciri jamur meliputi:
1.   Ciri struktur
2.   Cara hidup
Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.   Spora aseksual
2.   Spora seksual
Klasifikasi jamur
Peranan jamur bagi manusia
Proses produksi yang memanfaatkan jamur

·    Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·    Mengamati dan  menggamti struktur tubuh virus
·    Diskusi ciri-ciri virus
·    Menggambar skema reproduksi virus
·    Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia
·    Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya





·    Pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 4..1)
·    Diskusi ciri-ciri struktur Eubacteria
·    Pengamatan bentuk-bentuk Cyanobacteria (Kegiatan 4.2)
·    Diskusi ciri-ciri Archaeobacteria
·    Diskusi peranan bakteri bagi manusia
·    Praktek pembuatan yoghurt (Kegiatan 4.4)






·    Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam
·    Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista
·    Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati
·    Tugas mengumpulkan informasi tentang protista

















·    Praktikum pengamatan jamur
·    Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan
·    Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan
·    Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll

·      Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
·      Mendeskripsikan ciri-ciri virus
·      Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·      Menggambar skema reproduksi virus
·      Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
·      Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya


·      Menjelaskan pengertian prokariot
·      Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria
·      Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·      Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
·      Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia





·      Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur
·      Mengelompokkan contoh Protista yang diamati
·      Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia















·      Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·      Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·      Membedakan spora aseksual dan seksual
·      Memberikan  alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya
·      Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur





·    Jenis tagihan:
1.    Uji kompetensi tertulis
2.    Makalah
·    Instrumen penilaian:
1.    Soal uji kompetensi tertulis
2.    Lembar penilaian






·    Jenis tagihan:
1.    Laporan  hasil praktikum pengamatan bakteri
2.    Uji Kompetensi tertulis
·    Instrumen penilaian:
1.  Lembar penilaian laporan hasil praktikum
2.   Soal uji kompetensi tertulis

  Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil pengamatan praktikum
2.   Uji kompetensi tertulis
3.   Makalah
 Instrumen        penilaian:
1.   Lembar observasi kegiatan praktikum
2.   Lembar penilaian laporan  hasil praktikum
3.   Lembar penilaian makalah
4.   Soal uji kompetensi tertulis




  Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil pengamatan
2.   Uji kompetensi tertulis
   Instrumen penilaian:
1.   Lembar observasi praktikum
2.   Lembar penilaian laporan hasil praktikum
3.   Soal uji kompetensi tertulis

2  45 menit
















4  45 menit
















4  45 menit


























4  45 menit

·    Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB II dan Bab III
·    Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkan virus


·    Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB IV
·    Biakan bakteri
·    Air kolam
·    Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup





·    Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X, Dyah Aryulina, dkk, Bab X
·    Air kolam
·    Mikroskop, kaca obyek, dan kaca penutup
·    Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)








·    Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV
·    Contoh jamur
·    Bahan-bahan pembuat tempe dan tape

SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                                              :  SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                                              :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER                                                :  X (SEPULUH)/II

STANDAR KOMPETENSI                                     :  3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

ALOKASI WAKTU                                                                :  16  45 menit

 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

3.1.      Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan






 



3.2.      Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam















3.3.      Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi









































3.4.      Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan


·    Mengamati gejala keanekaragaman
·    Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan
·    Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan








·   Membaca peta tipe keanekaragaman flora Indonesia
·   Membaca peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·   Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia
·   Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia
·   Mengumpulkan informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan dan dilindungi
·   Mengumpulkan informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan


·   Mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji
·   Menggambar struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta
·   Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji
·   Menentukan fase-fase pada siklus hidup tumbuhan
·   Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
·   Menggambar bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji dan mengetahui ciri-ciri bagian tubuh tersebut





























·   Mendeskripsikan perbedaan dunia hewan dan dunia tumbuhan
·   Mendiskripsikan ciri umum dunia hewan
·   Mengklasifikasikan dunia hewan
·   Membandingkan ciri-ciri masing-masing filum hewan
·   Mengamati beberapa contoh kelas hewan
·   Menggambar struktur tubuh hewan
·   Mendeskripsikan ciri hewan berdasarkan hasil pengamatan


·    Keanekaragaman hayati pada tingkat:
1.   Gen
2.   Jenis
3.   Ekosistem










 Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. sampurna Kadarsan
 Pembagian daerah fauna Indonesia menurut  Walece dan Weber
  Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1.  Hutan hujan tropis
2.  Hutan musim
3.  Sabana
4.  stepa
  Berbagai peranan keanekaragaman hayati bagi manusia
  Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi:
1.  In-situ
2.  E-situ

·    Ciri umum Dunia Tumbuhan
·    Klasifikasi tumbuhan
·    Divisi tumbuhan lumut (Bryophyta) meliputi:
1. Ciri-ciri umum Bryophyta
2. Klasifikasi Bryophyta
3. Struktur tubuh Bryophyta
4. Siklus hidup Bryophyta
5. Peranan Bryophyta
·    Divisi tumbuhan paku (Pteridophyta) meliputi:
1. Ciri umum tumbuhan paku
2. Klasifikasi tumbuhan paku
3. Struktur tubuh tumbuhan paku
4. Siklus hidup tumbuhan paku
5. Peranan tumbuhan paku
·    Divisi bagi manusia tumbuhan berbiji (Spermatophyta) meliputi:
1. Ciri umum tumbuhan berbiji
     2. Klosifikasi tumbuh berbiji
     3. Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji
     4. Peranan tumbuhan berbiji bagi manusia











·    Ciri umum dunia hewan
·    Dasar klasifikasi dunia hewan
·    Klasifikasi dunia hewan

·    Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan
·    Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati
·    Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem






·   Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·   Diskusi tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia
·   Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia
·   Mengumpulkan informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya
·   Tugas membuat kliping tentang organisme khas daerah








·   Pengamatan tumbuhan lumut
·   Diskusi mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut
·   Pengamatan tumbuhan paku
·   Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan paku
·   Pengamatan tumbuhan berbiji
·   Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan berbiji
·   Diskusi membedakan tumbuhan Angiospermae
·   Diskusi membedakan tumbuhan dikotil dan monokotil
·   Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan































·   Membandingkan ciri dunia hewan dan dunia tumbuhan
·   Mendiskripsikan klasifikasi dunia hewan
·   Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya
·   Pengamatan filum Arthropoda dan Molusca

·    Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·    Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·    Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan






·    Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna  Indonesia
·    Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·    Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia
·    Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan
·    Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu








·    Mendeskripsikan ciri umum Dunia Tumbuhan
·    Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
·    Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut
·    Menggambar struktur tubuh tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·    Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
·    Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
·    Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku
·    Mengklasifikasikan tumbuhan paku
·    Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
·    Menggambar siklus hidup tumbuhan paku
·    Mengumpulkan informasi tentang peranan paku bagi manusia
·    Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji
·    Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji
·    Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang, daun, dan bunga
·    Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji
·    Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji bagi manusia




·    Mendiskripsikan ciri umum dunia hewan
·    Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·    Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·    Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

·       Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil
      pengamatan keanekaragaman hayati
2.   Uji kompetensi tertulis
·       Instrumen penilaian:
1.     Lembar peni-laian laporan hasil praktikum
2.     Soal uji kom-petensi tertulis


·      Jenis tagihan:
1.    Kliping
2.    Uji kompe-tensi tertulis
·      Instrumen penilaian:
1.     Lembar penilaian kliping
2.     Soal uji kompetensi tertulis











·      Jenis tagihan:
1.    Laporan hasil pengamatan
2.    Uji kompetensi
·      Instrumen penilaian:
1.    Lembar penilaian hasil praktikum
2.    Soal uji kompetensi tertulis





































·       Jenis tagihan:
1.    Laporan hasil pengamatan Arthropoda
2.    Uji kompetensi tertulis
·       Instrumen    penilaian
1.    Lembar penilaian laporan hasil praktikum
2.    Soal uji kompetensi tertulis



2  45 menit
















2  45 menit

















9  45 menit














































4  45 menit

·     Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·     Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB VII
·     Berbagai makhluk hidup yang ada di sekolah





·     Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·     Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB VII
·     Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah



·   Buku Biologi X, Dyah Aryulina dkk, Esis, BAB VIII
·   Buku Kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono P.S, Esis
·   Contoh tumbuhan lumut
·   Contoh tumbuhan paku
·   Contoh tumbuhan berbiji
·   Loupe




























·   Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono, P.S, Esis
·   Buku Biologi X, Dyah Aryulia
·   Contoh hewan Arthropoda dan Molusca

































SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                              :  SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                              :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER                                :  X (SEPULUH)/II

STANDAR KOMPETENSI                         :  4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

ALOKASI WAKTU                                                :  8  45 menit

 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

4.1     Mendeskripsikan peran komponan ekosistem  dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
















 



4.2     Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan












 


4.3     Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah

 



4.4     Membuat produk daur ulang limbah



·    Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi
·    Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik
·    Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar
·    Menemukan ekosistem dan batas-batasnya
·    Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem
·    Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati
·    Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi
·    Menggambarkan  siklus materi dan arus energi
·    Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu


·    Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia
·    Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia
·    Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme
·    Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan


·    Pengertian ekologi sebagai ilmu
·    Ekosistem dan komponen penyusunnya
·    Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya
·    Tingkat organisasi komponen biotik dalam  ekosistem
·    Berbagai interaksi dalam ekosistem
·    Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi
·    Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
·    Daur biogeokimia







·    Keseimbangan lingkungan
·    Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·    Beberapa bahan pencemar dan dampaknya
·    Upaya pencegahan pencemaran lingkungan














·    Penanganan limbah dengan cara daur ulang




·    Berbagai produk daur ulang limbah





·    Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu
·    Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya
·    Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·    Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi
·    Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia









·    Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan
·    Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya
·    Melakukan eksperimen tentang pencemaran















·    Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang




·    Membuat produk dari bahan limbah


·    Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·    Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·    Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·    Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
·    Menggambar bagan daur biogeokimia





·    Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·    Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·    Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·    Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·    Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·    Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan


·    Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang

 Jenis tagihan
1.   Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem
 2.  Uji kompetensi tertulis
·    Instrumen penilaian
1.   Lembar penilaian hasil praktikum
2.   Soal uji kompetensi tertulis











·    Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil eksperimen
2.   Uji kompetensi tertulis
·    Instrumen Penilaian:
1.   Lembar penilaian  laporan hasil praktikum
2.   Soal uji kompetensi tertulis















4  45 menit
























4  45 menit



























·    Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis
·    Buku Biologi X, Dyaharyuliana 
·    Ekosistem yang ada di sekitar sekolah












·    Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis
·    Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI
·    Beberapa aktivitas manusia
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar