Oktober 13, 2010

RPP Siklus 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                          : SMA Negeri 1 Banyuasain I
Mata Pelajaran                         : Biologi
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi                 : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk
                                                      hidup .
Kompetensi Dasar                    : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri ciri-ciri replikasi dan
                                                        peranan virus dalam kehidupan. 
Alokasi Waktu             : 3 X 45 menit


A. Indikator :
     * Mengidentifikasi ciri-ciri virus
     * Membedakan struktur virus dengan makhluk hidup lainnya
     * Menjelaskan cara replikasi Virus
B. Tujuan Pembelajara :
     * Setelah melakukan diskusi kelas siswa dapat menyebutkan 3 ciri-ciri virus dengan
         benar.
     * Setelah melakuakan diskusi kelas siswa dapat menjelaskan 3 perbedaan struktur
        virus dibandingkan dengan bakteri dengan benar.
     * Setelah melakukan diskusi kelas siswa dapat menjelaskan  5 fase replikasi virus
        secara litik (siklus lisis) dengan tepat.
C. Materi Pembelajaran
            Virus berasal dari bahas Latin VIRULEN yang artinya racun. Pertama kali ditemukan oleh Ivanovsky (1892) dari Rusia dan Beijerinck (1899) dari Belanda.Virus  hingga saat ini dianggap sebagai organisme berukuran kecil Tubuhnya belum dapat disebut sel. Hanya tersusun atas materi genetic berupa Deoxyribonucleic Acid (DNA) atau Ribonucleic Acid (RNA) dengan selubung protein .
1. Bentuk virus bermacam –macam tergantung bentuk kapsidnya ada yang berbentuk bola.batang,oval,kubus,seperti T dan tidak beraturan.
2. Ukuran virus yang sangat kecil jauh lebih kecil dari bakteri hanya dapat dilihat dengan mikroskop electron antara 20-300 nanometer (nm).
3. Struktur tubuh virus, mirus merupakan organisme aselluler sederhana tidak dapat melakukan reaksi kimia ,hanya dapat memperbanyak diri bila berada di organisme hidup Cara hidup parasit Obligat ,bagian-bagian virus antara lain :
a.Materi genetic terdiri dari AND saja atau RNA saja.
b. Kapsid merupakan sustu protein pelindung DNA/RNA dan penberi bentuk tubuh virus
Kapsod disussun oleh unit-unit terkecil yang disebut Kapsomer.
c.Nukleokapsid merupakan struktur campuran antara inti dan kapsid.
d. Beberapa virus seperti virus herpes, AIDS dan influenza memiliki selubung
Perhatikan susunan tubuh virus  ini!
REPRODUKSI VIRUS
            Proses reproduksi virus serind disebut Replikasi . Ada 2 macam replikasi yaitu LISIS DAN LISOGENIK. Replikasi lisis terjadi dalam 5 fase yaitu :
1.      Fase Adsorbsi pada fase ini ujung ekor bakteriofage menempel pada dinding sel Echercia coli normal.
2.      Fase  PENETRASI SEL INANG , Kulit ujung ekor virus dan dinding sel Eschercia coli yang telah menyatu larut terbentuk saluaran ke sitoplasma bakteri DNA virus masuk ke sitoplasma sel bakteri dan bercampur dengannya.
3.      Fase EKLIFASE, setelah bercampur DNA virus mengambil alih fungsi control DNA bakteri dalam sintesis protein di dalam sitoplasma bakteri .Selanjutnya DNA virus mengendalikan  pembentukan DNAvirus baru serta mengendalikan pembentukan protein dinding tubuh virus dengan menggunakan bahan yang tersedia dalam sitoplasma bakteri.
4.      Fase PEMBENTUKAN VIRUS BARU, Komponen-komponen tubuh virus yang berupa selubung protein,serabut ekor dan kepala dirakit membentuk virus-virus baru hasilnya berupa bakteriofage T4 yang bersifat virion (virus yang belum aktif).
5.      Fase PEMECAHAN SEL INANG ( LISIS),Setelah proses perakitan berakhir ,bakteriofage membentuk enzim lisis untuk merusak dinding sel E.coli Pecahnya dinding sel ini menyebab kan kematian bagi bakteri dan akan keluar virion-virion baru yang menjadi bakteriofage T4 yang aktif setelah menginfeksi baketri E.coli yang lain.
   
Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut ini !











D. Model Pembelajara

            Dalam kegiatan ini pembelajaran menggunakan moel pembelajaran NHT (Numbered Heads Together)

E. Kegiatan Pembelajaran
1.Kegiatan awal  (20 mnt)
    - Apersepsi  cerita tentang wabah flu babi
    - menyampaikan KD dan  indicator yang akan dicapai
2. Kegiatan Inti ( 90 mnt)
    - guru membagi kelompok heterogen dengan jumlah 5 siswa  dan memberikan nomor
       dalam kelompok yang berbeda masing diberi pita warna yang sama dan menuliskan
       angkanya di pita tersebut lalu diikat ke kepala masing-masing.
    -  guru membagikan pertanyaan sesuai dengan nomor pada pita
    - guru memanggil satu nomor dan para siswa yang sama mengangkat tangan dan
       berpikir bersama untuk menyiapkan jawaban yang akan dipresentasikan di depan
        kelas
     - Bila telah selesai lakukan diskusi kelas  dan bersama guru menyimpulkan jawaban
        akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.
3. Kegiatan Penutup (25 mnt)
    - guru melakukan evaluasi
    - guru memberi tugas membaca replikasi virus secara lisogenik dan peranan virus
      dalam kehidupan.
F. Sumber Belajar :
    * Buku Silabus mata pelajaran Biologi kelas X
    * Buku biologi X Sains SMA/MA Bumi Aksara
    * Buku biologi X ,Yudistira
    * Buku biologi X, Tiga Serangkai
G. Penilaian
     1.  Penilaian tertulis Ulangan harian
     2.  Bentuk instrument : essay sebanyak 5 soal

SOAL EVALUASI

  1. Sebutkan 3 ciri virus yanh kamu ketahui ! (skor = 10)
  2. Mengapa virus dikatakan sebagai makhluk peralihan ? Jelaskan ! (skor=10)
  3. Gambarlah sebuah virion sederhana dari bakteriofage dan tunjukkan strukturnya ! (skor=20)
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan replikasi dan ada berapa macam replikasi virus itu ? (skor=10)
  5. Jelaskan lima tahap (fase) reproduksi virus melalui daur lisis ! (skor=50)
Jumlah  total skor = 100
Kunci Jawaban
  1. aselluler, tubuh tersusun materi genetic DNA atau RNA,bersifat parasit obligat dapat mengkristal , berukuran 20-300 nm ,bentuk sesuai kapsid
  2. karena dapat mengkristal yang hanya dilakukan benda mati.

3.








4.replikasi adalah cara reproduksi dari virus yang berbeda dengan makhluk lainnya
   melalui proses proliferasi artinya pertumbuhan yang disebabkan oleh giatnya pembelahan sel dan bukan karena bertambah besarnya sel dan replikasi ada 2macam :
   replikasi secara lisis dan replikasi secara lisogenik.
5. lima fasedalam replikasi lisis :
 Fase Adsorbsi pada fase ini ujung ekor bakteriofage menempel pada dinding sel          Echercia coli normal.
Fase  PENETRASI SEL INANG , Kulit ujung ekor virus dan dinding sel Eschercia coli yang telah menyatu larut terbentuk saluaran ke sitoplasma bakteri DNA virus masuk ke sitoplasma sel bakteri dan bercampur dengannya.
Fase EKLIFASE, setelah bercampur DNA virus mengambil alih fungsi control DNA bakteri dalam sintesis protein di dalam sitoplasma bakteri .Selanjutnya DNA virus mengendalikan  pembentukan DNAvirus baru serta mengendalikan pembentukan protein dinding tubuh virus dengan menggunakan bahan yang tersedia dalam sitoplasma bakteri.
Fase PEMBENTUKAN VIRUS BARU, Komponen-komponen tubuh virus yang berupa selubung protein,serabut ekor dan kepala dirakit membentuk virus-virus baru hasilnya berupa bakteriofage T4 yang bersifat virion (virus yang belum aktif).
   Fase PEMECAHAN SEL INANG ( LISIS),Setelah proses perakitan berakhir     ,bakteriofage membentuk enzim lisis untuk merusak dinding sel E.coli Pecahnya dinding sel ini menyebab kan kematian bagi bakteri dan akan keluar virion-virion baru yang menjadi bakteriofage T4 yang aktif setelah menginfeksi baketri E.coli yang lain.







Mengetahui                                                                 Mariana, September 2009
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



Drs TAUFIK                                                               Dra. Yuliantini
Nip 19631218 199002 1 002                                       Nip 19680704 200003 2 003
      













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                          : SMA Negeri 1 Banyuasin I
Mata Pelajaran                         : Biologi
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi                 : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk
                                                 hidup.
Kompetensi Dasar                    : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi virus dan peranan
                                                  virus dalam kehidupan.
Alokasi Waktu             : 2 X 45 menit

A. Indilator
* Menjelaskan cara replikasi virus secara lisogenik
* Menjelaskan peranan virus yang menguntungkan dan merugikan
*Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus seperti influenza,AIDS,Flu
  burung dll.

B. Tujuan Pembelajaran
* Setelah melakukan diskusi kelas siswa dapat menjelaskan proses replikasi virus secara      
   lisogenik dengan benar.
*Setelah melakukan diskusi kelas siswa  dapat menyebutkan 3 contoh  peranan virus
  yang menguntungkan  dan merugikan dengan benar..
* Setelah melakukan diskusi kelas siswa dapat menjelaskan dengan tepat cara
   Menghindari diri dari bahaya virus flu burung.

C.Materi Pembelajaran
            Replikasi secara lisogenik adalah fase pembiakan virus selama DNA virus menempel pada DNA bakteri . Contohnya pada virus herpes,HIV dan bakteriofage lamda. Pada daur ini partikel-partikel virus yang baru dapat dibentuk melalui daur litik atau melengkapi daur lisogenik. DNA bakterofage lamda mengalamo rekombinasi dengan kromosom E.coli . DNA bakteriofage lamda yang menyisip pada materi genetic sel inang disebut profag. Jika bakteri membelah ,profage ikut membelah sehinga menghasilkan bakteri-bakteri yang mengandung profage. Selama daya tahan bakteri masi ada ini ttadak membahayakan tetapi jika jika hilang profage akan menjadi ganas, yaitu menbentuk virus baru dan bakteri akan hancur.
            Peranan Virus dalam kehidupan Manusia .
1. Manfaat virus :
    - pengobatan ,pembuatan vaksin dan membuat peta kromosom
    - mengukur dosis radiasi
    - membasmi hama tanaman mis Baculovirus sp

2. Kerugian Virus :
    - Pada Manusia menimbulkan penyakit contohnya : Herpesvirus varicelae (penyakit
       cacar) , Virus H5N1 (flu burung),Virus Dengue (penyakit DBD).
-         Pada Tumbuhan : Tobacco Mosaic Virus (menyerang daun tembakau), VirusTungro (menyerang padi),Citrus Vein,Phloem Degeneratif (pada jeruk).
-         Pada Hewan : virus rabies, virus NCD (penyakit tetelo pada ayam),Virus FMD
(penyakit mulut dan kuku) dam virus cowpox (penyakit cacar pada sapi).
            Pencegahan penyakit yang disebabakan oleh virus pada dasarnya kita harus menjaga kebersihan ,menghindari kontak langsung dengan penderita ,vector pembawa dan mempertinggi imunitas tubuh dengan mengkomsumsi makanan yang bergizi.

D. Model Pembelajaran
Dalam kegiatan ini pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran NHT.

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal (pendahuluan) = 15 menit
    *  Apersepsi tentang replikasi virus
    *  Guru menyampaikan KD dan Indikator yang akan dicapai
2. Kegiatan Inti =  45 menit
    -  guru membagi kelompok heterogen dengan jumlah 5 siswa  dan memberikan nomor
       dalam kelompok yang berbeda masing diberi pita warna yang sama dan menuliskan
       angkanya di pita tersebut lalu diikat ke kepala masing-masing.
    -  guru membagikan pertanyaan sesuai dengan nomor pada pita
    -  guru memanggil satu nomor dan para siswa yang sama mengangkat tangan dan
        berpikir bersama untuk menyiapkan jawaban yang akan dipresentasikan di depan
        kelas
     - Bila telah selesai lakukan diskusi kelas  dan bersama guru menyimpulkan jawaban
        akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.
3. Kegiatan Penutup = 30 menit
    -  guru melakukan evaluasi
    -  guru memberi tugas membaca Archaebacteriae dan Eubacteria

F. Sumber Belajar :
    * Buku Silabus mata pelajaran Biologi kelas X
    * Buku biologi X Sains SMA/MA Bumi Aksara
    * Buku biologi X ,Yudistira
    * Buku biologi X, Tiga Serangkai

G. Penilaian
     1.  Penilaian tertulis Ulangan harian
     2.  Bentuk instrument : essay sebanyak 5 soal 

SOAL EVALUASI
  1. Jelaskan dengan singkat proes replikasi virus dengan cara lisogenik ! (skor=30)
  2. Sebutkan 3 manfaat virus bagi manusia !(skor=5)
  3. Sebutkan 3 virus yang menyerang manusia!(skor=5)
  4. Tuliskan 3 virus yang menyerang tumbuhan !(skor=5)
  5. Tuliskan 3 virus yang menyerang hewan !(skor=5)
Total skor = 50 nilai =100
Kunci Jawaban :
  1. Replikasi secara lisogenik adalah fase pembiakan virus selama DNA virus menempel pada DNA bakteri . Contohnya pada virus herpes,HIV dan bakteriofage lamda. Pada daur ini partikel-partikel virus yang baru dapat dibentuk melalui daur litik atau melengkapi daur lisogenik. DNA bakterofage lamda mengalamo rekombinasi dengan kromosom E.coli . DNA bakteriofage lamda yang menyisip pada materi genetic sel inang disebut profag. Jika bakteri membelah ,profage ikut membelah sehinga menghasilkan bakteri-bakteri yang mengandung profage. Selama daya tahan bakteri masi ada ini ttadak membahayakan tetapi jika jika hilang profage akan menjadi ganas, yaitu menbentuk virus baru dan bakteri akan hancur
2.   Manfaat virus bagi manusia :                      
             - pengobatan ,pembuatan vaksin dan membuat peta kromosom
             - mengukur dosis radiasi
             - membasmi hama tanaman mis Baculovirus sp
      3.    Pada Manusia menimbulkan penyakit contohnya : Herpesvirus varicela(penyakit
       cacar) , Virus H5N1 (flu burung),Virus Dengue (penyakit DBD)
  4.    Pada Tumbuhan : Tobacco Mosaic Virus (menyerang daun tembakau),            VirusTungro (menyerang padi),Citrus Vein,Phloem Degeneratif (pada jeruk).
  5.    Pada Hewan : virus rabies, virus NCD (penyakit tetelo pada ayam),Virus FMD
(penyakit mulut dan kuku) dam virus cowpox (penyakit cacar pada sapi).








Mengetahui                                                                 Mariana, September 2009
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



Drs TAUFIK                                                               Dra. Yuliantini
Nip 19631218 199002 1 002                                       Nip 19680704 200003 2 003
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar